Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Perkembangan anak pada usia 5 tahun bisa dikatakan juga sebagai pengenalan pertama terjun ke lingkungan masyarakat luas. Sekarang ini kebanyakan pada usia tersebut sudah banyak yang menduduki bangku pendidikan seperti di TK atau Taman kanak-Kanak. Di tempat ini anak bisa berinteraksi dengan teman-teman sebayanya dan mulai mengenal banyak hal di dunia luar.

Tingkah lakunya juga sudah semakin lincah, dia bisa melompat-lompat, menari-nari dan berjalan lurus. Ada juga yang melakukannya sambil menyanyikan lagu anak-anak favoritnya seperti bintang kecil, pelangi-pelangi, balonku ada 5, dan lagu-lagu pendek lainnya. Anak juga sudah bisa menceritakan segala sesuatu yang ia lakukan di sekolahnya. Kita sebagai orang tua harus mendengarkannya, dan berilah nasihat jika ada perlakuan yang tidak baik yang telah ia lakukan.

Pada usia ini ibu juga tidak akan terlalu repot karena anak sudah bisa melakukan pekerjaannya sendiri. Cukup memperhatikannya saja, jika terlihat ada yang tidak benar kita baru turun tangan untuk membantu membetulkannya. Seperti ketika ia menggunakan pakaiannya sendiri, mengancingkan bajunya atau pada saat ia sedang menggosok gigi. Ajarkan selalu cara yang benar agar nantinya tidak ada kesalahan perlakuannya.

Untuk mengasah otaknya agar lebih pintar, ajarkan juga pendidikan di rumah. Dengan cara mengajaknya mengulang kembali apa yang dipelajarinya hari ini di sekolahnya. Pengasahan otak ini juga harus disertai dengan asupan gizi yang baik dan beri anak air susu 2 kali dalam sehari. Selain untuk menyehatkan juga membantu meningkatkan daya ingat terutama pada anak-anak usia dini serta membantu proses perkembangan anak tersebut.