Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Pertumbuhan Anak Usia 6-12 Bulan

Pada anak usia 6-12 bulan perkembangan anak tersebut biasanya mengalami banyak peningkatan. Karena umumnya pada saat usia ini anak bisa belajar duduk, memegang sesuatu, berbicara dan mencoba berdiri. Perhatian yang khusus harus dilakukan oleh orang tua agar dapat membantu prosesnya tersebut. berbagai cara dapat dilakukan agar anak juga merasa diperhatikan oleh orang tuanya.

 


Pada saat belajar berbicara ajarkan anak mengucap kata-kata yang mudah seperti mamah, papa. Ajari dia memegang biskuit sendiri atau memegang mainannya. Pada saat umurnya memasuki 9 bulan anak mulai bisa merambat untuk meraih benda-benda yang menjadi perhatian baginya. Seperti meraih benda yang jatuh yang terlihat oleh anak tersebut. Perhatikan selalu gerakannya agar apa yang ia raih dapat terlihat oleh kita takutnya barang itu berbahaya.

Anak juga akan mulai belajar berdiri, pada saat ini Bantu anak untuk menahan keseimbangannya. Ajarkan dia untuk berpegangan pada benda-benda agar keseimbangan pada saat mencoba berjalan tetap terjaga. Anak juga mulai mengenal anggota keluarganya terutama ayah dan ibunya. Untuk memancingnya agar mau berjalan ada baiknya memanggilnya dari jauh dan ajak dia untuk menghampiri kita dengan usahanya sendiri. Jika terlihat kesulitan barulah kita bantu.

Biasanya pada orang yang belum ia kenal sebelumnya anak merasa takut. Oleh karena itu beri pengertian pada anak tersebut jika orang itu tidak akan menyakitinya. Pendampingan pada saat terjadi perkembangan anak memang merupakan hal yang penting. Sehingga anak tersebut dapat berkembang dengan baik sesuai dengan apa yang kita ajarkan. Jangan sampai memberi contoh perilaku yang tidak baik pada anak.