Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Kesalahan Umum Orangtua Saat Mendisiplinkan Anak

Keluarga Harmonis, dua kata yang cukup menggambarkan banyaknya orang yang menginginkan hal ini terwujud dalam kehidupan berkeluarga. Namun untuk mewujudkan hal itu tidaklah mudah. Apa lagi saat anak kita sedang di masa produktif sehingga memacu terjadinya perbuatan yang salah. Tapi sebagai orangtua kita harus mendisiplinkan anak kita yang salah. Sangat disayangkan, masih banyak orangtua yang melakukan kesalahan dalam mendisiplikan anak mereka. Berikut kesalahan-kesalahan umum orangtua saat mendisiplinkan anak mereka.

 



Berbohong pada Anak

Banyak orangtua yang sering berbohong agar anak mau menuruti perintah atau keinginan mereka. Ternyata, kebohongan yang bermaksud baik tersebut bisa jadi serangan balik bagi orangtua. Tanpa disadari, berbohong hanya akan membuat anak berfikir negatif akan ketidak benaran suatu hal yang orangtua ucapkan.

Tidak Bertindak

Sebagai orangtua baiknya kita menasihati buah hati kita agar tidak melakukan perbuatan negatif. Namun juga sudah terlanjur terjadi, banyak diantaranya hanya memarahi tanpa melakukan tindakan lainnya. Dengan kebiasaan ini buah hati kita hanya akan menganggap nasihat yang kita berikan tidak ada artinya bagi mereka.

Terlalu Memanjakan Anak

Sebagian orangtua lebih memilih memanjakan buah hatinya untuk menghindari kemungkinan terjadinya perbuatan negatif yang dilakukan anak mereka. Tapi dalam jangka waktu lama, hal ini tidak lah baik. Di kedepannya anak anda cenderung bersifat pemalas dan hanya mengandalkan yang orangtua mereka punyai.

Kita sebagai orangtua masihkah kita melakukan kesalahan diatas? Jika iya, hindari kesalahan diatas untuk mewujudkan keluarga harmonis.