Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Bermain di Luar Rumah

Jangan biasakan anak bermain terlalu lama di dalam rumah, karena mereka perlu mengenal alam dan lingkungannya. Dengan beraktivitas di luar rumah, anak-anak dapat lebih mengenal dengan baik alam semesta yang kelak tentunya diharapkan mereka menjadi penjaga kelestarian alam. Makin minimnya interaksi antara anak dengan alam sepatutnya menjadi perhatian rumah.


Dengan melakukan aktivitas bermain di luar rumah selama kurang lebih setengah jam, maka anak didorong meningkatkan kesehatan otak, badan dan kewaspadaan anak. Diharapkan kegiatan ini mampu membangun interaksi manusia dengan alam yang mana kontak antara anak dengan alam luar rumah sudah hampir hilang selama satu generasi. Bentuk permainan alam ini banyak contohnya dari mulai berkemah, atau mainan-mainan tradisional yang berasal dari lingkungan sekitar, seperti daun pisang dan bahan-bahan alamiah lainnya.


Di era teknologi ini, anak-anak cenderung menghabiskan waktunya di depan layar monitor yang selain merusak penglihatan juga mengganggu pola pikirnya. Dengan membiasakan anak bermain di luar rumah selama setengah jam sehari setiap hari itu artinya anak seperti bermain di luar hari selama jangka waktu tiga bulan di alam bebas. Dengan kondisi alam yang terus menua ditambah dengan perusakan di sana-sini, layak kita menggantungkan harapan pada generasi muda agar menjaga alam ini tetap asri hingga dapat dilihat anak cucu kita. Yang mereka butuhkan adalah kerja keras bersama berbagai elemen untuk kembali menghidupkan alam.