Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Pakaian Tradisional Hanbok

Seperti Indonesia yang memiliki busana tradisional, pakaian Korea, atau lebih tepatnya baju tradisional Korea juga memiliki nama, yaitu Hanbok. Bedanya, jika Indonesia memiliki banyak baju tradisional yang berasal dari berbagai daerah, Korea hanya memiliki satu saja yang disebut Hanbok. Sedangkan Hanbok ini merupakan pakaian tradisional yang merujuk pada penyebutan pakaian tradisional Korea Selatan.

 

 

f:id:aanbae:20140128131327j:plain

Sedangkan masyarakat Korea Utara menyebutnya dengan Choson-ot. Merujuk tentang Hanbok, ini berarti merujuk pada gaya pakaian di Dinasti Joseon. Hanbok biasanya digunakan dalam acara formal resmi, atau jika ada perayaan. Berbagai festival juga mengharuskan penggunaan Hanbok untuk memeriahkan dan melestarikan penggunaan Hanbok.

Hanbok biasanya memiliki warna-warna yang cerah dengan kombinasi lebih dari 2 warna. Contoh biasanya hanya garis minimalis dengan perpaduan warna yang senada di bagian lengan. Penggunaan Hanbok dikenakan seperti baju khas Makassar longgar, berbeda dengan kebaya yang dikenakan dengan secara melekat pas di badan. Ada bagian dalam rok dalam yang harus digunakan, lalu luarannya merupakan tangan panjang menggembung dan baju sebatas perut menutupi lapisan dalam berupa rok yang mengembang tadi.

 

Lalu pada baju luar tadi terdapat serupa pita dan tali yang membuat baju Korea ini menjadi terlihat manis sekaligus elegan saat digunakan. Apalagi saat pernikahan, pemakaian Hanbok pada mempelai membuat pasangan pengantin terlihat lebih cantik dan gagah. Kita sebagai negara besar harus menjaga jadi diri sendiri, pakaian adat kita mesti tetap dilestarikan, kalau nggak akan diakui oleh pihak lain nantinya.