Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

3 Teknik Merebus Masakan

Merebus adalah hal yang cukup sering ditemukan dalam resep masakan. Padahal sesungguhnya merebus bukanlah satu macam saja, ada 3 teknik merebus yang biasa dikenal dalam dunia memasak. Poaching, merupakan teknik memasak dnegan cara merendam bahan makanan ke dalam air yang panas namun tidak sampai mendidih. Temperatur air yang digunakan saat poaching biasanya dijaga agar tetap berkisar antara 70-80 derajat Celcius. Biasanya teknik ini digunakan untuk memasak bahan makanan yang lembut seperti telur, ikan, buah, dan terkadang daging. Perlu diingat bahwa makanan harus benar-benar terendam di dalam air.

Simmering merupakan teknik merebus yang digunakan untuk memasak makanan dengan potongan yang kerasa dan memerlukan waktu lebih lama untuk dimasak. Suhu air yang digunakan berkisar antara 80-95 derajat Celcius. Sama seperti poacing, simmering juga merebus dengan air panas namun tidak sampai mendidih. Biasanya teknik simmering ini sering digunakan untuk membuat kaldu yang nantinya akan disajikan sebagai saus dalam hidangan.

Boiling merupakan teknik merebus yang umum dan sudah sangat anda kenal. Boiling adalah merebus makanan ke dalam air mendidih suhunya mencapai 100 erajat Celcius yang merupakan suhu titik didih air. Suhu air akan tetap stabil di 100 derajat Celcius tidak peduli berapa banyak gelembung air yang dihasilkan dalam panci. Baik pula untuk memastikan teknik merebus mana yang harus anda terapkan dalam suatu resep masakan yang ingin anda prektekkan.