Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Langkah Bijak Menggunakan kartu Kredit BII

Memakai kartu kredit ketika berbelanja sudah menjadi tren dan gaya hidup bagi masyarakat zaman sekarang. Alat pembayaran modern ini tidak hanya digunakan oleh masyarakat dari golongan social kelas atas namun juga digunakan oleh masyarakat dari golongan social kelas menengah. Kartu kredit yang ditawarkan oleh bank pun mempunyai beberapa tipe dengan batas limit yang berbeda-beda dari 2 juta rupiah hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya. Salah satu kartu kredit yang memiliki banyak tipe adalah kartu kredit BII. Kartu jenis ini menawarkan berbagai kenyamanan yang memanjakan penggunanya. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengajukan penggunaan alat pembayaran modern ini.

Ketika merasa nyaman dengan penggunaan kartu kredit BII bisa saja anda lupa dengan jumlah tagihan yang harus dibayarkan tiap bulan membengkak dan banyak kebutuhan yang belum terpenuhi namun uang gaji Anda sudah menipis. Ada beberapa tips dalam penggunaan kartu kredit secara bijak:

a. Memiliki tujuan yang jelas
Usahakan memiliki tujuan yang jelas ketika memilih untuk menggunakan kartu kredit. sebaiknya gunakan alat pembayaran ini saat dalam keadaan darurat seperti sedang berada di luar negeri atau membayar tagihan rumah sakit yang tiba-tiba.

b. Batasi jumlah kartu dan jenis kartu kredit BII yang Anda miliki
Membatasi jumlah kartu kredit yang dimiliki berarti Anda membatasi kemungkinan hutang yang banyak. Memilih jenis kartu yang memiliki limit yang sesuai dengan kebutuhan juga penting agar Anda tidak mengalami kesulitan ketika membayar tagihan.

c. Membatasi pemakaian
Sebaiknya batasi pemakaian kartu tiap bulannya setidaknya sebesar 30% dari pemasukan bulanan Anda. Hal ini untuk mencegah tagihan bulanan yang besar.

d. Melunasi tagihan tepat waktu
Sebaiknya Anda melunasi tagihan bulanan secara rutin dan bayar sebelum jatuh tempo. Hal ini untuk mencegah agar Anda tidak dikenakan bunga yang cukup tinggi.

e. Menggunakan kesempatan promo yang ada
Jika terpaksa membeli barang yang menggunakan kartu kredit BII, gunakanlah kesempatan promo dan diskon yang diberikan pada tempat tertentu. Jika ingin bepergian gunakanlah maskapai yang memiliki promo bagi pengguna kartu pembayaran jenis ini. Hal tersebut dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan.

Nah, mulai saat ini bijaklah menggunakan kartu kredit anda!