Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Cara Menghindari Pinjaman Bank yang Melebihi Kemampuan

Melakukan pinjaman bank bisa menjadi sebuah cara instan yang cepat untuk mencukupi berbagai kebutuhan yang saat ini semakin beragam. Namun apabila untuk kebutuhan kecil atau sederhana saja kita harus berhubungan dengan pihak perbankan, hal tersebut juga dianggap kurang bijak. Memang pada awalnya kita akan terbantu dengan adanya uang tambahan dari hasil peminjaman tersebut, namun jangan lupakan kewajiban yang mengikuti hal tersebut yaitu pembayaran angsuran. Yakinlah bahwa cicilan atau angsuran ini sedikit banyak akan mempengaruhi keuangan anda tiap bulan. Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan mungkin bisa jadi solusi buat usaha kecil atau berdagang, tapi tetap saja akan pengaruhi keuangan anda nantinya.

Kewajiban yang timbul akibat adanya pinjaman bank yang kita lakukan ini, akan terakumulasi menjadi sebuah nominal besar yang dapat membuat anda merasa terbebani setiap kali masa angsuran harus dilakukan. Karena setiap saat akan ada kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi dan dicukupi oleh anda dengan menggunakan uang selain yang sudah disisihkan untuk angsuran. Agar anda bisa menghindari terlalu banyak pinjaman, ikuti cara berikut:

- Prioritaskan peminjaman untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar sangat mendesak dan tidak bisa ditunda lagi sedangkan anda tidak cukup dana untuk mencukupinya,
- Tidak mudah tergiur atau tergoda dengan iming-iming diskon atau harga miring yang dilabelkan ada suatu produk barang agar anda tidak dengan mudah melakukan peminjaman ke lembaga pembiayaan manapun,
- Belajarlah hidup hemat dan cukup sehingga ketika memang harus melakukan peminjaman, itu merupakan jalan terakhir yang bisa dilakukan.

Satu hal lagi yang harus anda perhatikan adalah melakukan peminjaman pada satu bank saja, agar anda tidak terlalu repot untuk menyisihkan uang untuk cicilan tertentu. Akan lebih baik jika anda meminjam dengan jumlah yang besar pada satu bank daripada harus melakukan pinjaman bank dengan nominal kecil tapi pada beberapa bank yang ada. Tentu anda akan dibuat repot karenanya.

Saat ini, pihak perbankan biasanya telah memfasilitasi anda untuk melakukan take over pinjaman dari suatu bank ke bank lain yang dianggap mempunyai bunga paling kecil. Lakukan hal tersebut agar pinjaman bank yang anda lakukan hanya terpusat pada satu bank sehingga akan memudahkan anda untuk menyisihkan dan melakukan pembayaran angsuran dengan tepat.