Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Punya Toko Online Murah, Tapi Banyak Komplain? Ini Dia Cara Menghadapinya!

Bila Anda merupakan salah satu pebisnis yang bergerak di bidang online, tentu saja Anda sering melakukan berbagai macam aktifitas bisnis dengan cara online. Saat mengelola bisnis entah secara online atau pun secara offline, nantinya Anda akan menghadapi berbagai macam karakter dari konsumen. Pelanggan tetap ingin berbelanja di toko online murah, namun mereka juga sering memberikan komplain. Adanya komplain ini biasanya terjadi karena pelayanan yang kurang memuaskan. Akan tetapi saat Anda menghadapi berbagai masalah tersebut, ada cara-cara jitu untuk menghadapinya.

Pertama, dengarkan seluruh keluhan yang mereka miliki. Langkah awal untuk menghadapi banyaknya keluhan konsumen, Anda harus mendengarkan keluhan mereka terlebih dahulu. Dengarkan seluruh keluhan mereka, hindari memotong pembicaraan memotong pembicaraan dan berkelit dengan keluhan konsumen hanya akan membuat konsumen semakin emosi. Anda harus menunjukkan sikap seperti empati dan menerima kekecewaan mereka dengan tanggapan yang lebih positif, jangan sampai Anda ikut terpancing dengan emosi mereka. Bila mereka memberikan tanggapan dengan nada tinggi atau umpatan kasar, usahakan Anda tetap menahan diri dan sabar. Saat Anda ikut terpancing emosi, pelanggan dapat marah besar dan masalah tidak akan selesai.

Saat Anda menghadapi berbagai macam komplain, Anda dapat menawarkan berbagai macam solusi. Entah posisi Anda benar atau salah, jangan pernah melakukan pembelaan atau sanggahan yang keterlaluan pada komplain mereka. Anda dapat mencoba mendiskusikan berbagai permasalahan yang sedang menimpa para konsumen, setelah itu cari solusi secara bersama-sama agar tidak ada lagi masalah antara kedua belah pihak. Saat menjalankan bisnis online, Anda harus benar-benar menjaga kredibilitas sehingga konsumen akan percaya pada bisnis yang Anda geluti.

Ketiga, obati kekecewaan yang dimiliki oleh pelanggan dengan pemberian bonus. Walaupun masalah sudah selesai dan komplain pelanggan dari

tips.hatenablog.com

 dapat teratasi, namun sebetulnya komplain ini tidak berhenti sampai di sini, kekecewaan yang menimpa pelanggan dapat menyebabkan bisnis Anda menjadi terancam, kepercayaan yang dimiliki oleh pelanggan ini akan hilang dan satu pelanggan yang kecewa ini akan bisa menyebar hingga ke berbagai media. Oleh sebab itu, Anda dapat mengobati rasa kekecewaan yang mereka miliki dengan permintaan maaf yang lebih berwujud contohnya seperti pemberian bonus hingga pemberian diskon khusus untuk mengobati hati mereka. Cara demikian dapat meningkatkan kembali rasa kepercayaan mereka.

Keempat, layani dengan ramah. Sikap ramah yang Anda berikan pada pelanggan akan lebih membantu Anda untuk menghadapi komplain Anda, kadang pelaku bisnis begitu kaku untuk menghadapi komplain pelanggan, dengan cara seperti ini konsumen merasa tidak akan dihargai. Bila Anda sendiri yang menghadapi komplain pelanggan secara langsung, Anda dapat lebih ramah menghadapi pelanggan, bahkan membuat mereka lebih nyaman. Jika Anda memiliki admin atau customer service yang khusus menghadapi komplain pelanggan, Anda dapat membekali karyawan Anda dengan pengetahuan yang cukup untuk menangani seluruh komplain dari pelanggan.

Terakhir catat berbagai macam komplain pelanggan yang Anda terima. Walaupun toko online murah yang usung, Anda harus tetap menjadikan komplain pelanggan ini sebagai pelajaran yang berharga. Catat berbagai macam keluhan serta kekecewaan yang mereka miliki, dengan berbagai macam pengalaman di dalam menangani komplain, Anda akan semakin mudah untuk menemukan solusi atau pun cara baru agar dapat meningkatkan kepuasan dari pelanggan bisnis Anda. Jangan takut saat Anda menghadapi banyak kompain pelanggan.