Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Cara Membuat Rendang dan Bumbu Rendang Paling Lezat

Rendang sapi sebenarnya adalah menu yang banyak dicari, entah di restoran atau pun di rumah makan padang. Sebenarnya hal ini wajar saja jika menu yang satu ini banyak sekali dicari orang, dikarenakan harganya yang lebih terjangkau. Menu ini memiliki daya tarik sendiri serta kelezatan yang dimana jika Anda bisa mengolahnya ia bisa menjadikan kita lebih bersemangat untuk makan. Bumbu rendang harus diracik dengan tepat agar bisa membuat sajian yang lezat, namun yang tidak boleh kalah dari bumbu ialah cara pemasakan.

 

Banyak rendang yang mempunyai tekstur sangat keras. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memipihkan daging. Pemipihan ini tidak memerlukan waktu yang lama, berbeda dengan perebusan. Namun sayangnya cara ini bisa dilakukan ketika Anda menggunakan potongan daging yang tidak terlalu besar. Jika Anda menggunakan potongan daging besar, maka akan lebih susah untuk memipihkannya. Sebelum dimasak, Anda bisa memukul daging dengan menggunakan alat pemukul yang bergerigi tumpul sehingga ia menjadi agak pipih. Setelah pipih Anda bisa memasaknya sesuai dengan selera.

Cara kedua agar bisa mendapatkan daging rendang yang empuk ialah baluri dengan menggunakan nanas yang telah dihaluskan. Untuk cara yang satu ini, Anda tidak perlu takut pada tingkat ketebalan daging. Setebal apapun daging, ia akan mudah empuk. Namun syaratnya, Anda harus menggunakan nanas yang masih muda, nanas yang masih muda ini memiliki kandungan enzim yang sangat ampuh untuk menguraikan serat dari daging. Setelah pencucian, Anda dapat membalurkan nanas ke daging. Diamkan hingga kurang lebih 30 menit. Setelah itu Anda dapat mencucinya agar rasa nanas menjadi hilang. Jika sudah empuk, Anda tinggal menyiapkan bumbu rendang. Selagi Anda menunggu daging ini empuk, Anda dapat menyiapkan berbagai macam dan bumbu yang akan digunakan untuk membuat rendang.

Baca juga: Mengail Untung Lewat Usaha Toko Pancing

Bahan:

- Daging sapi, 500 gram
- Daun kunyit, 2 lembar
- Serai 2 batang
- Daun jeruk 2 lembar
- Kelapa parut sangrai 2 sdm
- Minyak goreng 2 sdm
- Santan 1000 ml

Bumbu halus:

- Bawang merah 7 butir
- Bawang putih 5 siung
- Cabai rawit
- Cabai merah
- Jinten ½ sdt
- Kemiri 4 butir
- Ketumbar 1 sdt
- Kunyit 1 cm
- Garam
- Jahe 1 cm

Cara membuat:

1. Panaskan minyak dan tumis bumbu rendang hingga harum,
2. Masukkan daging dan aduk hingga ia berubah warna,
3. Tuang santan serta tambahkan kelapa parut,
4. Sangrai, masak di atas api sedang. Aduk secara perlahan hingga ia mendidih,
5. Kecilkan api dan masak hingga ia matang, kecoklatan,
6. Setelah matang, angkat serta sajikan.