Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Cara Mencegah dan Perawatan Rambut Berkutu

Sebagai wanita yang selalu ingin tampil menawan, tentunya anda ingin selalu tampil sehat dan segar. Selain tubuh langsing dan fashion yang mendukung, kesehatan rambut juga menjadi perhatian penting bagi anda. Selain masalah ketombe, rambut kusut dan kusam, ada hal yang lebih mengerikan bagi wanita yaitu berkutu. Hewan kecil yang hidup di kepala ini pertumbuhan dan perkembangbiakannya sangat cepat, sehingga jika tidak diatasi akan semakin merajalela dan menular ke seluruh anggota keluarga dan teman. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara perawatan rambut berkutu dan pencegahannya, agar organisme kecil ini segera pergi meninggalkan rambut kita.

Proses penularannya yang sangat cepat dan mudah, sering kali tidak disadari oleh beberapa orang. Biasanya penularan kutu terjadi pada saat tidur. Kebiasaan wanita yang suka menginap di rumah teman karena suatu hal membuat penularannya lebih mudah. Dengan tidur pada ranjang yang sama dan berdekatan, akan membuat kutu lebih mudah bertransmigrasi. Cara lainnya adalah dengan saling meminjam sisir, tanpa disadari, ada bibit kutu yang menempel pada sisir, dan akan dengan mudah berpindah tempat saat anda mulai menyisir rambut.

Selain itu, rasa gatal ditimbulkan oleh kutu yang berjalan dan menggigit kulit kepala semakin membuat tidak nyaman. Ditambah lagi jika perkembangan kutu sangat pesat di kepala anda, akan menimbulkan telur-telur hewan kecil itu menempel pada rambut dan terlihat sangat menjijikkan. Anda akan geli dibuatnya, dan malu jika seseorang menegur anda beternak kutu. Untuk itu perawatan rambut wajib anda lakukan agar tidak lagi ada kutu yang hidup di kepala. Tingkat kebersihan rambut sebenarnya tidak mempengaruhi ada atau tidaknya kutu di kepala. Jika sudah terjangkit kutu, ada baiknya anda meminta bantuan orang terdekat untuk membersihkan kepala dari kutu dengan mengambilnya satu persatu.

Jika tidak ada orang yang membantu, anda bisa membersihkannya dengan sisir yang memiliki kerapatan gigi sangat dekat. Cuci dulu rambut anda sebelum membersihkannya. Dalam kondisi rambut setengah basah lebih memudahkan anda menyisirnya. Sisir dulu dengan menggunakan sisir yang biasa digunakan, setelah halus dan tidak lengket, anda bisa memulai menyisir dengan gigi yang lebih rapat. Kutu akan jatuh ke bawah kemudian bunuh. Atau dengan cara lain, yaitu dengan obat.

Banyak merek obat kutu untuk manusia yang dijual di apotik. Ada obat kutu yang bekerja seperti shampo, juga terdapat obat yang menyerupai obat untuk menyemir rambut. Biasanya jika obat tersebut berupa olesan di rambut kepala, setelah mengoleskan secara rata, tutup dengan handuk untuk beberapa menit, jika hewan kecil tersebut sangat banyak, anda bisa menutup lebih lama lagi sekitar 1-2 jam. Kutu dan telurnya akan menempel pada handuk, lalu anda bisa membersihkannya. Demikian tips mencegah dan perawatan rambut agar kutu segera pergi dari kepala anda.