Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Makanan Bikin Gigi dan Gusi Sehat

Radang gusi menjadi permasalahan yang sangat menyebalkan bagi penderitanya. Meskipun rasanya hanya masalah kecil, namun sebenarnya ada cara mencegah infeksi dan segala permasalahan pada gusi tersebut. Berikut lima sumber makanan kaya

 

nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.


Susu
Susu bukan hanya baik bagi  kesehatan tulang, karena kandungan kalsium di dalamnya juga bermanfaat bagi kesehatan gigi. Kalsium membantu melindungi gigi dari gusi berdarah dan membuat tulang rahang menjadi lebih sehat dan kuat.


Ikan salmon dan mackerel
Ikan-ikan dari laut lepas seperti salmon dan mackerel adalah sumber vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D merupakan salah satu elemen penting bagi organ di area mulut.


Jeruk
Ternyata kandungan vitamin C pada jeruk dapat membantu menjaga kesehatan gusi dengan memperkuat saluran pembuluh darah dan jaringan tisu (jaringan saraf) di seluruh rahang. Vitamin C juga dapat mengurangi risiko peradangan di area mulut, seperti radang gusi (gingivitis).


Stroberi
Memiliki fungsi yang sama seperti fungsi vitamin C pada jeruk, namun stroberi memiliki kelebihan lain yaitu dengan adanya beberapa zat baik baik yang mengandung kolagen dan menjadi kunci penting dalam menjaga kekuatan gusi.


Air putih
Air putih membantu gigi dan gusi terbebas dari sisa-sisa makanan yang dapat menyebabkan plak dalam mulut. Hebatnya, air liur (saliva) merupakan pencegah terbaik bau mulut dan gigi berlubang karena mengandung protein dan mineral yang mampu menetralkan lapisan email gigi.