Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Nyeri Sendi Menyerang? Awas Gejala Asam Urat!

Sendi adalah bagian tubuh dimana berfungsi sebagai tempat bertemunya tulang sehingga dapat digerakkan. Sendi memiliki selaput lunak tempat kedua tulang bertemu sehingga tidak kaku. Kesehatan sendi akan sangat menentukan aktifitas seseorang. Jika sendi kaku misalnya, maka pergerakan akan menjadi susah bahkan sakit. Saat ini, ada beberapa masalah sendi yang dapat mempengaruhi aktifitas seseorang dengan keluhan terbanyak adalah rasa nyeri hingga panas di persendian.

 

Nyeri sendi bisa disebabkan oleh banyak faktor misalnya kecelakaan, sendi keseleo hingga penyakit asam urat. Penyakit asam urat menjadi penyebab terbanyak penyakit pada sendi yang umumnya dialami oleh pria di atas usia 40 tahun. Namun tak menutup kemungkinan para wanita di segala usia juga bisa mengalami penyakit asam urat ini. Gejala yang timbul dari penyakit ini antara lain:

 

  • Rasa sakit di persendian terutama di sendi mata kaki, jari kaki, pinggang dan pinggul. Nyeri di pinggul inilah yang sering membuat asam urat biasa disebut juga sebagai penyakit encok.
  • Bagian sendi yang sakit berwarna kemerahan.
  • Rasa seperti terbakar di sendi yang terkena asam urat.
  • Bengkak di sendi dan sekitarnya.
  • -Tidak bisa menggerakkan sendi yang sakit.

 

Apa sebenarnya penyakit asam urat tersebut dan mengapa seseorang bisa terkena penyakit ini? Asam urat adalah penyakit dimana kadar zat purin di dalam darah sangat tinggi sehingga membentuk kristal dan sulit di keluarkan. Sebenarnya zat purin adalah zat yang dibutuhkan tubuh dan juga diproduksi oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Sedangkan sisanya, bisa dikeluarkan melalui ginjal lewat urine. Namun masalahnya, zat purin juga banyak terdapat dalam makanan yang sering dikonsumsi manusia seperti daging, jeroan, ikan laut dan minuman berbahan bir. Konsumsi makanan tersebut yang terlalu sering akan menambah jumlah zat purin di dalam tubuh.

 

Zat purin yang berjumlah besar di dalam tubuh tersebut akan terakumulasi di ginjal dan di persendian dengan membentuk kristal. Karena itulah mereka yang memiliki kadar purin tinggi umumnya memiliki batu ginjal. Sedangkan kristal di persendian akan membuat sendi terasa sakit sehingga muncul gejala penyakit asam urat tersebut. Asam urat sendiri bisa termasuk penyakit yang akut serta kronis tergantung berapa lama tingginya kadar zat purin berlangsung dalam tubuh. untuk menurunkan kadar asam urat, terdapat beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi salah satunya adalah Alupurinol.

 

Untuk mencegah asam urat terjadi pada Anda, atur pola makan agar mengandung gizi yang lengkap namun seimbang. Meski Anda suka dengan jeroan atau seafood misalnya, jangan setiap hari mengkonsumsinya sehingga kadar zat purin tidak menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan penyakit asam urat. Jika dibiarkan berlarut-larut, asam urat juga dapat mengganggu peredaran darah yang menyebabkan gangguan jantung.