Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Ragam Bisnis Kecil-kecilan

Memiliki suatu bisnis yang dapat menjadi sumber penghasilan merupakan salah satu keinginan yang dimiliki hampir sebagian besar orang terutama ketika memasuki masa pensiun. Sebagian besar usaha dimulai ketika memasuki masa kuliah atau bahkan ada yang telah memulai berbisnis sejak kecil. Untuk memulainya, tidak harus dengan bisnis yang besar namun dapat dilakukan dengan memulai bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu.

 



Terdapat beberapa bisnis kecil yang dapat dijadikan sebagai bisnis awal. Memulai bisnis gorengan dapat menjadi pilihan. Terdapat beberapa alasan mengapa bisnis ini dapat dijadikan pilihan. Pertama, karena sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai gorengan terutama tahu dan tempe. Kedua, karena modal yang tidak diperlukan tidak terlalu besar. Ketiga, tidak memerlukan tempat yang luas untuk menjualnya. Anda dapat menjualnya langsung di rumah ataupun di warung kecil atau menitipkannya di warung makan yang ada di sekitar Anda.

Selain menjual gorengan, Anda dapat membuat dan menjual donat. Kue yang hingga kini tetap menjadi pilihan terutama bagi anak-anak, dapat dibuat dengan menggunakan modal kecil dan dijual di warung atau menitipkannya di warung sekitar tempat tinggal. Agar donat dapat bersaing dengan donat yang lainnya, sebaiknya Anda membuat donat tersebut dengan tampilan atau rasa yang berbeda misalnya dengan bentuk kecil sekali lahap atau dengan mengganti bahan utama dengan kentang.

Baca juga Bisnis sampingan modal kecil untung besar

Menjadi reseller dari suatu produk. Jenis bisnis ini tidak memerlukan biaya yang besar karena menjual produk milik orang lain kepada konsumen. Modal yang paling utama yang dibutuhkan agar menjadi reseller yang handal adalah mampu melakukan promosi dengan baik dan membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Produk dapat dijual di rumah atau dengan menggunakan media sosial yang saat ini banyak digunakan.

Membuka warung makan menjadi pilihan berbisnis selanjutnya. Anda dapat membuka warung di rumah atau di tempat yang sekiranya membutuhkan tempat untuk makan misalnya di sekitar pabrik atau di sekitar kos-kosan. Bisnis ini cocok dilakukan oleh ibu-ibu yang memiliki hobi memasak dan yang senang untuk mencoba resep baru. Bisnis dapat dijalankan dengan modal kecil terlebih dahulu dan selanjutnya dapat menggunakan dana yang lebih besar.

Jenis bisnis kecil-kecilan lainnya yang dapat dijadikan pilihan sebagai bisnis awal yaitu:

- Berbisnis barang produksi kerajinan. Berbagai macam barang hasil kerajinan yang dapat dijadikan pilihan misalnya syal, tas, jepit rambut, pin ataupun bros. Tidak hanya barang yang dihasilkan dari merajut, namun juga jenis kerajinan lainnya misalnya menggunakan kain perca dan benda yang dapat di daur ulang atau memanfaatkan benda lainnya misalnya pecahan keramik. Anda dapat membuatnya di sela-sela waktu yang Anda miliki sehingga tidak mempengaruhi pekerjaan utama.

- Membuka toko di rumah. Berbagai macam barang dapat dijual misalnya peralatan menulis, barang kebutuhan sehari-hari atau sayuran.

- Jasa pengetikan. Jika Anda memiliki komputer atau laptop dengan printer atau jika memiliki printer dan scan Anda dapat membuka jasa pengetikan, print, scan dan fotokopi. Hasil yang diperoleh memang tidak seberapa namun jika bisnis ramai, omset yang didapatkan dapat melebihi perkiraan.

- Membuka bisnis pulsa elektrik. Kebutuhan pulsa yang saat ini tidak dapat dielakkan membuat beberapa orang memutuskan untuk berganti menjadi pebisnis pulsa. Modal yang diperlukan tidak terlalu banyak dan cara menjalaninya tidak terlalu sulit. Jika mengetahui dan memahami cara untuk bisnis pulsa online dan memiliki modal laptop atau komputer dan koneksi internet, Anda dapat menggunakan pengetahuan tersebut.