Hans Ganteng's Diary

Info Tips trik keluarga bahagia, wisata, keuangan, bisnis dan juga hal menarik lain seperti hotel dan masakan

Cemilan Unik Dari Serangga

f:id:aanbae:20160427123830j:plain

Cemilan atau snack biasanya dikonsumsi saat Anda beraktivitas seperti bekerja di depan komputer atau laptop, menonton televisi atau film atau saat membaca buku. Cemilan biasanya terbuat dari kacang, kue kecil atau kue kering namun di beberapa tempat terdapat cemilan yang menggunakan serangga sebagai bahan utamanya. Serangga atau disebut juga insecta termasuk ke dalam kelas avertebrata atau tidak memiliki tulang belakang. Tidak sedikit yang mengatakan jika cemilan unik yang berasal dari serangga memiliki rasa yang gurih serta memiliki kandungan vitamin dan protein yang tinggi.

Pertama adalah makanan unik ini berasal dari rayap yang merupakan salah satu hewan yang merugikan karena sering membuat perabotan Anda yang terbuat dari kayu menjadi rapuh. Akan tetapi, hewan yang biasanya dikumpulkan di awal musim hujan oleh para pembuat cemilan sehat serangga ini kandungan protein yang tinggi. Biasanya, untuk dijadikan cemilan, serangga ini akan digoreng atau dipanggang terlebih dahulu agar rasanya menjadi lebih enak.

Kedua adalah cemilan unik dari jangkrik yang berasal dari Thailand. Negara yang berjuluk sebagai gajah putih tersebut terkenal dengan cemilannya yang terbuat dari serangga dan salah satunya adalah jangkrik. Biasanya, serangga yang digunakan ini hanya dipilih jika dalam keadaan sehat atau bahkan acak. Akan tetapi, makanan yang dibanderol dengan harga sekitar $6 per sekantong penuh, berisi jangkrik hamil yang memiliki telur. Makanan yang memiliki rasa gurih dan sedikit asin ini, dikeringkan dan dibersihkan kemudian dimasak.

Ketiga adalah telur semut. Cemilan sehat ini berasal dari Thailand dan hanya dapat dikumpulkan 1 bulan per tahunnya. Tantangan terbesar jika Anda ingin mendapatkan telur semut ii adalah saat mengumpulkan telurnya karena terlalu banyak dan menyakitkan yang disebabkan oleh serangan semut. Telur ini memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki tekstur yang licin. Untuk dapat memakannya bersama dengan salad ataupun keripik tortilla, Anda harus memasaknya terlebih dahulu.

Cemilan unik lainnya dari bahan serangga yaitu:

- Coklat semut atau ratu semut raksasa leafcutter yang dibungkus dengan coklat Belgia dekaden. Rasa coklat yang manis dan gurih dari semut, membuat beberapa orang menyukainya dan tidak jarang yang membutuhkannya untuk mendapatkan energi ekstra.
- Witchetty belatung yang berasal dari larva ngengat dan merupakan makanan pokok untuk diet suku Aborigin, Australia ini dapat dikonsumsi dengan cara dibakar di atas batu bara atau dimakan langsung.
- Sncak cacing larvets yang dimasak dengan cara dipanggang dan tersedia dalam berbagai macam rasa. Diantaranya yaitu: BBQ, Keju Cheddar, Spice Mexico.
- Cemilan dari kumbang air raksasa yang dapat Anda temui di Thailand. Cemilan ini memiliki rasa seperti kerang. Sebelum dimakan, kumbang ini dikupas dan kemudian diolah baik digoreng ataupun di panggang.